Wednesday, October 11, 2017

author photo October 11, 2017

Daftar isi [Tampil]
Strategi bisnis yang dijalankan Dell memang dapat dikatakan sangat efisien sehingga mampu mengantongi pangsa pasar yang cukup tinggi.

Jika produsen PC atau laptop pesaingnya memiliki untuk melakukan perancangan produk kemudian memilih untuk melakukan penyimpanan barang di gudang, baru kemudian dikirim ke berbagai agen, pengecer dan lain sebagainya dengan kenaikan harga sekitar 20 hingga 30 persen sebelum dijual ke konsumen, hal ini ternyata berbanding terbalik dengan strategi yang diterapkan oleh Dell.

Dell lebih memilih untuk melakukan penjualan secara langsung tanpa melalui perantara mana pun.

Dell Inc. melakukan perancangan dan pemroduksian perangkat berdasarkan pesanan. Ia juga memproduksi perangkat sebagai stok atau persediaan.

Dalam hal ini, pengurangan persediaan yang terlampau besar rupanya mampu melakukan penghematan biaya modal yang berguna sebagai penyimpanan, kemudian rendahnya persediaan juga mampu menyuguhkan adanya keunggulan teknologi bagi Dell.

Oleh karena itu tak heran jika berbagai komponen PC dan prosesor mikro yang disuguhkan oleh Dell mampu menyasak pasar dengan sangat tinggi.

Untuk menerapkan strategi low-cost provider, Dell Inc. rupanya juga menerapkan strategi lainnya, yakni dengan melakukan aliansi strategi dengan EMS. EMS sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi data storage.

Adanya aliansi antara Dell dengan EMS ini bertujuan agar Dell mampu bersaing dengan Cisco yang memang sama-sama produsen utama data storage. Tak hanya itu, Dell Inc. juga menerapkan strategi baru dengan melepaskan sejumlah aktivitas terkait rantai nilai kepada pihak lain, adapun jalinan ini bersifat kontrak outsourcing.

Pelayanan yang dilakukan Dell untuk para pelanggan tak sampai disitu saja, ia juga melakukan akusisi terhadap beberapa perusahaan penyedia perangkat keras ternama, diantaranya MessageOne Inc., Everdream Co dan SilverBack Technologies Inc. pada tahun 2007 dan 2008.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang bernilai tambah pada para pelanggannya, serta memberikan kemudian terhadap pelanggan dalam mengoperasikan perangkat lunak.

Keunggulan yang disuguhkan oleh Dell memang tidak hanya membuatnya unggul di Amerika Serikat, namun ia juga mampu mengibarkan sayap yang cukup tinggi dalam kancah bisnis pasar global, terlebih lagi di negara-negara yang saat ini sedang berkembang.

Sayangnya, hingga saat ini, Dell memang harus berjuang lebih keras untuk bersaing dengan pesaing utamanya, Hewlett-Packard yang masih mampu mengungguli pangsa pasar global terbesar. Untuk mengatasi hal ini, Dell Inc. pun menerapkan suatu strategi baru dengan melakukan kontrak bisnis dengan beberapa perusahaan manufaktur yang terdapat di Asia. 

Penerapan strategi "two-two system" pun dilakukan para proses produksi laptop. Dengan adanya strategi ini, Dell tidak hanya sebagai produsen tunggal dalam menghasilkan perangkat laptop, melainkan separuhnya juga diproduksi dan dirakit oleh beberapa perusahaan yang berada di Asia.

Produk setengah jadi yang diproduksi perusahaan tersebut pun dikirimkan ke Dell untuk dirakit dan difinishing menjadi produk jadi.

Namun penerapan strategi ini rupanya tidak berjalan lama karena dirasa kurang efisien, akhirnya Dell inc. memutuskan untuk melakukan kontrak 100% outsourcing untuk memproduksi dan melakukan perakitan terhadap laptop besutannya.


Service Center Dell Medan
Jl. Halat No.34 - 20217
061-7367222

Next article Next Post
Previous article Previous Post